Rabu, 09 September 2015

RISET DIRI



“Dalam dirimu, apakah kau tidak melihatnya.” (QS. Az-Zariat [51]:21

Adalah penonton tidak pernah salah. Dan pemain selalu salah. Karena penonton tak pernah salah, maka dia tidak akan pernah menaiki tangga yang lebih baik. Andai pemain kalah, penonton memberikan analisa yang sangat tajam ihwal titik lemah pemain di laga tersebut, seolah apa yang dianalisa sangat efektif agar pemain keluar dari kesalahan yang dilakukan. Dan andai pemain menang, maka dia akan bersorak-sorai, disertai analisa yang juga mengagumkan. 

Karena hanya menilai orang lain, tak pernah menilai dirinya sendiri. Hasilnya, pemain mengalami grafik prestasi yang luar biasa, sementara penonton tidak mengalami transformasi yang signifikan dalam hidupnya.
Dari situ, kita bisa mengunduh simpulan, orang yang terlalu fokus pada orang lain, tak akan pernah mengalami pertumbuhan dan kemajuan dalam hidupnya. Adapun orang yang selalu berfokus pada diri sendiri—sembari melakukan muhasabah—kemampuannya akan melejit dengan luar biasa.

Kita sendiri tak jarang lebih mengenali orang lain, alam sekitar kita ketimbang diri kita sendiri. Kita tak jarang asing dengan diri kita sendiri. Kita sudah terlena berada dalam putaran rutinitas yang tiada pernah berakhir, artinya kita diposisikan sebagai mesin yang dipergunakan untuk memenuhi keinginan hawa nafsu diri kita sendiri. Kalau kita disuruh menilai orang lain—jujur ya—sangat lancar, sehingga kita mengorek keburukan, aib, dan segala bentuk kekurangan yang melekat pada orang lain. Kalau sudah membincangkan ihwal orang lain—ada kata yang mewakili, semakin digosok semakin sip. Karena hari-hari kita hanya sibuk mengurus orang lain, dan tak pernah berpikir menyelesaikan masalah orang lain, malah menambah masalah. Mengeruhkan masalah. Dia hanya tukang mencaci maki, tetapi tak pernah menyuguhkan solusi. Yakinilah, orang yang selalu mencari masalah dan aib orang lain, sejatinya orang tersebut dalam masalah. Bukankah orang baik saja yang menemukan kebaikan? Adapun orang buruk saja sangat piawai menemukan keburukan orang lain. Kita termasuk yang mana?

Jika pedagang saja, di siang hari sibuk dengan barang dagagannya. Malam hari dipergunakan untuk menghitung laba-rugi yang dialami. Harusnya, Anda memberikan jatuh waktu untuk mendeteksi diri sendiri. Selami keadaan diri yang paling lembut. Temukan integritas atau kesesuaian di dalam dan di luar. Bukankah hanya orang orang yang “berintegritas” yang bakal temukan kebahagiaan sejati dalam hidupnya. Sebaliknya orang yang memiliki kepribadian terpecah (split personality) atau berkepribadian ganda, dia tak akan pernah menemukan kebahagiaan sejati dalam hidupnya. Dia sibuk memperbaiki dimensi lahir, lalai dengan dimensi batin. Walau penampilan lahirnya bersih dan bening, tapi dalamnya busuk penuh kotoran. 

Jika al-Qur’an menganjurkan kita memandangi diri sendiri. Bukan eksistensi luar. Tapi esensi diri Anda berupa jiwa. Bagaimana kondisi jiwa Anda? Kalau kondisi jiwa Anda bersih, Anda akan temukan kebahagiaan yang sejati dalam hidup Anda. Kalau jiwa kotor, justru derita akan membelenggu diri. Sejatinya kecenderungan jiwa adalah menginginkan kesucian. Apalagi keinginan jiwa tak terpenuhi, yang bakal dirasakan kesusahan, kegalauan, dan derita yang tak berujung. 

Anda mungkin mengenal banyak hal tentang kehidupan duniawi ini, akan tetapi terkait dengan ihwal diri kita sendiri lalai dan asing. Bisa mengeksplorasi kesalahan yang memenuhi rumah sebuah negeri. Seperti mengenali cecat yang menempel pada pimpinan negeri ini. Hanya saja sering gagal untuk mengenali kekurangan diri sendiri. Anda mungkin sering berhasil melakukan penelitian tentang suatu di luar diri Anda. Tapi sering gagal untuk mengungkap dan meneliti kondisi riil diri Anda. Begitulah, ilmu pengetahuan mengajarkan kita meneliti apa yang ada di luar diri Anda, diharapkan bisa memperoleh pelajaran dibalik peristiwa tersebut. Penelitian  di luar diri tak banyak memberikan dampak terhadap transformasi diri sendiri. Karena siapa fokus meneliti di luar, justru dia akan lalai menangkap apa yang ada di dalam dirinya.

Adapun tasawuf memandu kita untuk menjejaki dan menelusuri diri sendiri. Hanya ketika orang telah mengenali diri sendiri, akan terpandu untuk mengenal Allah SWT. Kita dipandu tour ke dalam diri kita sendiri, sembari menyalakan pertanyaan sebagai pembuka jawaban. Benarkah diriku adalah yang fisik? Benarkah diriku yang disebut pikiran? Benarkah diriku yang disebut kepribadian? Benarkah diriku jabatan? Ternyata semua yang disebut bukan diri Anda yang sejati. Apa yang disebutkan hanya berupa piranti yang menempel Anda. Anda yang sejati bukan yang ada di luar atau yang di dalam, akan tetapi diri Anda meliputi apa yang bisa Anda lihat. Dan dirimu yang sejati tak pernah berubah dan abadi.

Apakah Anda mengira dirimu yang seonggok badanmu? Jika kau asumsikan dirimu yang badan, apakah badan tak berubah. Badan akan terus berubah dari waktu ke waktu. Dulu Anda kecil, sekarang sudah besar. Bahkan ketika Anda telah wafat, semua tetangga menyebut Anda telah meninggal dunia. Siapa yang meninggalkan dunia? Bukankah seonggok tubuhmu masih ada? Telingamu masih lengkap. Wajahmu masih terlihat. Kalau begitu, sejatinya Anda bukan yang fisik.

Apakah Anda menyangka dirimu adalah pikiran. Anggapan itu muncul dilatari oleh berapa banyak karya-karya hebat bermunculan di dunia disebabkan pikiran. Pikiran ada ketika Anda sedang berpikir, ketika Anda tak berpikir apakah berarti Anda sudah lenyap. Misal, Anda sedang tidur tanpa mimpi. Apakah Anda sudah tidak ada. Anda masih ada. Walau secara diri Anda sendiri sedang meninggalkan fisikmu sementara waktu. Dan pikiran itu sering berubah-ubah. Inkonsisten. Dulu ada yang bilang tentang hukum kemutlakan oleh Newton. Lantas muncul penemuan baru yang digawangi oleh Einstein tentang hukum relativitas. Yang mutakhir, terkuak penemuan tentang hukum ketidakpastian dari Q-Rak. Pikiran terus bertumbuh dan berubah. Apa yang datang dari pikiran tidak akan abadi. Anda temukan berapa kecenderungan yang sedang fashionable, hanya berapa bulan bertahan, orang sudah beralih ke yang lain. Walau nanti pada saatnya, akan datang lagi dengan kemasan yang berbeda.

Atau kau anggap “esensimu” adalah kepribadian? Apakah kepribadianmu menetap atau berubah? Jika kepribadianmu berubah dan bertumbuh berarti bukan kesejatian dirimu. Ada orang yang dikenal sebagai preman pasar yang sangat galak, bahkan membunuh banyak orang. Setelah berlabuh di kesadaran puncak, dia bertobat pada Allah. Menjadi orang yang superbaik, dermawan, dan welas asih pada sesama. Sebaliknya, ada orang yang mengenakan pakaian penutup aurat, dan selalu membagikan motivasi pada umat. Pada saat pikirannya telah terbalik. Paradigmanya dikotori. Dia pun melepaskan penutup aurat dan menjadi sosok yang tampil modis dan seksi. 

Apakah dia tak sadar bahwa dia yang dulu mengenalkan jilbab sama dengan yang sekarang sudah melepaskan jilbab. Ya dia sadar. Pun mantan preman tadi sadar. Bahwa dia yang dulu doyan membunuh tak berbeda dengan orang yang sekarang menjadi orang yang dermawan dan welas asih. Dia sadar sekali diri sejati tak pernah berubah. Inti sari manusia tidak berubah dan tak berbeda. Ketika Anda telah mencapai level kesadaran aku yang sejati ini, yang Anda temukan hanya titik kesamaan dengan sesama, bahkan dengan seluruh makhluk yang ada di jagat kehidupan ini.

Diriku sejati adalah yang tak pernah berubah. Dialah ruh. Dan ruh sendiri selalu hadir di hadapan Allah sebagai hamba. Esensi diri selalu bersandar pada Allah. Lantas, bagaimana orang yang sombong. Justru dia sedang menyiksa ruhnya sendiri. Tak ada kebahagiaan menghampiri orang yang sombong. Anda tak menyerap kebahagiaan manakala berbenturan dengan Allah. Karena ruh sendiri selalu ingin sejalan, selaras, dan berpadu dengan Allah SWT seterusnya. Dan seterusnya.  

Manakala Anda telah mengenali diri sendiri—dari hasi meriset—Anda akan selalu bisa mencangkul kebahagiaan dalam dirimu. Sembari meyakini kebahagiaan tak ada di luar. Yang diluar akan menyetorkan kebahagiaan apabila dalam dirimu telah diluapi kebahagiaan. Hanya ketika Anda telah mengenali dengan terang siapa Anda, Anda akan menemukan di hadapanmu terhampar kebahagiaan yang tanpa batas. Anda telah menemukan medan magnet kebahagiaan dalam dirimu, maka segala apa yang mengalir dari luar selalu meninggalkan kebahagiaan di hatimu.

Khaliel Anwar, Penutur dari Jalan Cahaya

1 komentar: